Kamis, 22 November 2012

Buruh Yang Cerdas



Beberapa hari ini (Di Jakarta) ada serangkaian demo buruh, gw akui, semangat rekans buruh memang luar biasa. Walaupun panas & hujan, mereka masih semangat buat memperoleh kesejahteraan yang labih baik.

Alhamdulillah, sepertinya sudah ada titik terang dari usaha rekans buruh. UMP DKI Sudah disetujui 2.2 Jt (CMIIW). Itu usaha dari Bapak Jokowi juga sih yang ikut memperjuangkan, beliau yang naikkan isue -nya ke departemen dan asosiasi terkai.

Semoga rekan buruh tidak terlena dan menganggap UMP yang baru itu sebagai uang kaget. Karena gw agak khawatir juga kalo - kalo rekan buruh beranggapan kaya gitu, bisa - bisa minta naik lagi. Toh pada dasarnya semakin tinggi penghasilan seseorang, bisa jadi semakin tinggi juga pengeluarannya.

Gw ambil contoh (ini cuma contaoh ya.. cuma Contoh.. hehehehe.. )

Misal UMP sudah cair di 2.2 Jt, nah yang biasanya rekan buruh bisa survive dengan penghasilan sebelumnya (katakan 1.8 Jt) dan masih bisa ngajak keluarga buat refreshing (makan di mall, jalan - jalan ke tempat rekreasi) dan masih bisa buat nabung (mungkin yang ditabung juga sisa dari pengeluaran semua). Dan gw rasa itu masuk kategori cukup.

Nah, begitu menikmati penghasilan 2.2 Jt, bearti ada dana lebih sekitar 400rb, biasanya ada beberapa rekan yang mulai tergerak untuk mengganti atau menambah jumlah kendaraan bermotor, kita asumsiin aja DP bisa diambil dari tabungan, Yang bisa jadi tabungan yang ada sebenernya udah ada pos pengeluarannya sendiri yang akan digunakan di jauh- jauh hari. Nah merasa punya kemampuan lebih, otomatis tabungan dipake Buat DP, nah cicilannya diambil dari dana lebih tadi (yang 400rb).

kalo cicilan motor masih 400rb, masih bisa dibilang balance, sama kaya kondisinya sebelum UMP naik, tapi gw rasa itu udah mepet banget, bisa jadi sesekali bulan jadi minus. Apalagi kalo cicilannya lebih dari 400rb, ya sudah silahkan itung sendiri tiap bulan bakal minus berapa, dan akan ditutup dari mana minusnya itu? Demo lagi?? kalo kaya gitu sih kaga bakal ada kata cukup dong..

Kalo pendapat gw sih, UMP boleh dinaikkan (setelah mengkaji beberapa aspek) tapi diiringi juga sama pembekalan mengenai perencanaan keuangan. Jadi rekan buruh juga bisa manfaatin dengan baik fasilitas yang ada. Dan bisa mensiasati kondisi - kondisi keuangan yang mendada

So, UMP bisa jadi disesuaikan, tetapi mindset untuk penggunaannya juga hari disesuaikan, jangan sampe menjadi beban buat rekan buruh. Lebih baik menambah investasi dibanding menambah biaya untuk gaya hidup..

- Be Smart To Spent Your Money -

2 komentar:

  1. Boleh tuh buat usulan ikutan Financial Planning, siapin memo usulannya, ajuin ke GH deh
    qik...qik...qik...

    BalasHapus