Kamis, 18 Juli 2013

Renungan Ramadhan : Ceritaku Tentang Adikku Nur Annisa



Sumber : email dari rekan kantor

Cerita dari teman………………

Ini  ceritaku  tentang adikku Nur annisa , gadis yang baru beranjak dewasa namun rada  Bengal dan tomboy. Pada saat umur adikku menginjak 17 tahun , perkembangan dari  tingkah  lakunya  rada  mengkhawatirkan ibuku , banyak teman cowoknya yang datang kerumah dan itu tidak mengenakkan ibuku sebagai seorang guru ngaji. Untuk mengantisipasi  hal  itu  ibuku  menyuruh  adikku  memakai jilbab , namun selalu ditolaknya hingga timbul pertengkaran pertengkaran kecil diantara mereka. Pernah satu  kali  adikku  berkata  dengan suara yang rada keras  mama coba lihat deh ,tetangga  sebelah anaknya pakai jilbab namun kelakuannya ngga beda beda ama kita kita  ,  malah  teman teman ani yang disekolah pake jilbab dibawa om om , sering jalan  jalan  ,  masih mending ani, walaupun begini gini ani ngga pernah mo kaya gituan  , bila sudah seperti itu ibuku hanya mengelus dada , kadangkala di akhir malam  kulihat  ibuku menangis , lirih terdengar doanya  Ya Allah , kenalkan ani
dengan hukum Engkau .

Pada  satu  hari  didekat  rumahku  ,  ada  tetangga baru yang baru pindah. Satu keluarga  dimana  mempunyai enam anak  yang masih kecil kecil . Suaminya bernama Abu khoiri , (entah nama aslinya siapa) aku kenal dengannya waktu di masjid. Setelah  beberapa  lama mereka pindah timbul desas desus mengenai istri dari Abu khoiri yang tidak pernah keluar rumah , hingga dijuluki si buta , bisu dan tuli. Hal  ini  terdengar  pula  oleh Adikku , dan dia bertanya sama aku  kak , memang yang  baru  pindah  itu  istrinya buta , bisu dan tuli ? ..trus aku jawab sambil lalu kalau kamu mau datangin aja langsung rumahnya.

Eehhh..tuh anak benar benar datang kerumah. Sekembalinya dari rumah tetanggaku ,  kulihat  perubahan  yang  drastis  pada wajahnya, wajahnya yang biasa cerah ngga pernah  muram  atau lesu mejadi pucat pasi..entah apa yang terjadi.? Namun tidak kusangka selang dua hari kemudian dia meminta pada ibuku untuk di buatkan Jilbab ..yang panjang lagi..rok panjang , lengan panjang..aku sendiri jadi bingung..aku tambah  bingung  campur  syukur  kepada  Allah SWT karena kulihat perubahan yang ajaib..yah kubilang ajaib karena dia berubah total..tidak banyak lagi anak cowok yang  dating  kerumah  atau teman teman wanitanya untuk sekedar bicara yang ngga karuan..kulihat  dia  banyak  merenung  ,  banyak  baca  baca majalah islam yang biasanya  dia  suka  beli  majalah  anak  muda kaya gadis atau femina ganti jadi majalah majalah islam , dan kulihat ibadahnya pun melebihi aku ..tak ketinggalan tahajudnya,  baca  Qur’annya , sholat sunat nya..dan yang lebih menakjubkan lagi ..bila  teman  ku  datang  dia menundukkan pandangan..Segala puji bagi Engkau ya Allah SWT jerit hatiku..

Tidak  berapa  lama  aku  dapat  panggilan  kerja  di kalimantan , kerja di satu perusahaan  minyak  KALTEX.  Dua bulan  aku bekerja disana aku dapat kabar bahwa adikku  sakit keras hingga ibuku memanggil ku untuk pulang ke rumah ( rumahku di madiun).  Di  pesawat tak henti hentinya aku berdoa kepada Allah SWT agar Adikku di   beri   kesembuhan   ,   namun  aku  hanya  berusaha  .ketika  aku  tiba  di rumah..didepan  pintu  sudah  banyak  orang..tak  dapat  kutahan  aku lari masuk kedalam  rumah..kulihat  ibuku  menangis  ..aku langsung menghampiri dan memeluk ibuku..sambil tersendat sendat ibuku bilang sama aku  dhi , adikkmu bisa ucapkan kalimat Syahadah diakhir hidupnya ..tak dapat kutahan air mata ini...

Setelah  selesai acara penguburan dan lainnya , iseng aku masuk kamar adikku dan kulihat  Diary  diatas  mejanya..diary  yang  slalu dia tulis , Diary tempat dia menghabiskan waktunya sebelum tidur kala kulihat sewaktu almarhumah adikku masih hidup ,kemudian kubuka selembar demi selembar..hingga tertuju pada satu halaman yang  menguak misteri dan pertanyaan yang slalu timbul di hatiku..perubahan yang terjadi  ketika  adikku  baru pulang dari rumah Abu khoiri..disitu kulihat Tanya jawab antara adikku dan istri dari tetanggaku ..isinya seperti ini :

Tanya jawab ( kulihat dilembaran itu banyak bekas airmata )

Annisa :  aku  berguman  (wajah wanita ini cerah dan bersinar layaknya bidadari             .....ibu.. wajah ibu sangat muda dan cantik

Istri tetanggaku : Alhamdulillah ..sesungguhnya kecantikan itu datang dari lubuk hati

Annisa :tapi ibu kan udah punya anak enam ..tapi masih kelihatan cantik

Istri T:Subhanallah ..sesungguhnya keindahan itu milik Allah SWT dan bila Allah    SWT berkehendak..siapakah yang bisa menolaknya

Annisa :Ibu..selama ini aku slalu disuruh memakai jilbab oleh ibuku ..namun aku selalu menolak  karena  aku  pikir ngga masalah aku ngga pakai jilbab asal aku            tidak macam macam  dan  kulihat  banyak  wanita  memakai  jilbab  namun kelakuannya melebihi kami yang  tidak  memakai  jilbab..hingga  aku  ngga  pernah mau untuk pakai jilbab..menurut ibu bagaimana

IstriT: duhai annisa , sesungguhnya Allah SWT menjadikan seluruh tubuh wanita
            ini perhiasan  dari  ujung  rambut hingga ujung kaki , segala  sesuatu dari
            tubuh kita  yang  terlihat  oleh  bukan  muhrim  kita  semuanya  akan dipertanggung
            jawabkan dihadapan Allah SWT nanti,  jilbab adalah hijab untuk wanita ..

Annisa :tapi yang kulihat banyak wanita jilbab yang kelakuannya ngga enak..

Istri T:Jilbab hanyalah kain , namun hakekat atau arti dari jilbab itu sendiri           yang harus kita pahami

Annisa :apa itu hakekat jilbab ?

Istri T:Hakekat  jilbab  adalah  hijab  lahir  batin  ,  hijab mata kamu dari   memandang lelaki yang  bukan  muhrim  kamu  ,  hijab lidah kamu dari berghibah dan kesiasiaan ..usahakan  slalu  berdzikir  kepada  Allah SWT, hijab telinga kamu dari mendengar perkara yang mengundang mudharat baik untuk dirimu maupun masyarakat,        hijab  hidungmu dari mencium cium segala yang berbau busuk, hijab tangan tangan kamu dari  berbuat  yang tidak senonoh, hijab kaki kamu dari melangkah menuju maksiat, hijab   pikiran   kamu   dari  berpikir  yang  mengundang  syetan  untuk memperdayai nafsu kamu,  hijab  hati  kamu  dari sesuatu selain Allah SWT, bila kamu sudah bisa maka jilbab yang kamu pakai akan menyinari hati kamu..itulah hakekat jilbab
Annisa :ibu  aku jadi jelas sekarang dari arti jilbab..mudah mudahan aku bisa pakai jilbab ..namun bagaimana aku bisa melaksanakan semuanya

IstriT :Duhai  nisa  bila kamu memakai jilbab itu lah karunia dan rahmat yang datang dari  Allah  SWT  yang  Maha Pemberi Rahmat , bila kamu mensyukuri rahmat itu kamu akan diberi kekuatan untuk melaksanakan amalan amalan jilbab hingga         mencapai kesempurnaan yang diinginkan Allah SWT. Duhai nisa ..ingat lah akan satu  hari  dimana  seluruh  manusia  akan  dibangkitkan..ketika ditiup    terompet yang  kedua  kali  ..pada  saat  roh roh manusia seperti anai anai yang    bertebaran dan  dikumpulkan dalam satu padang yang tiada batas ,yang tanahnya dari logam yang  panas  , tidak ada rumput maupun tumbuhan , ketika tujuh matahari didekatkan di  atas kepala kita namun keadaan gelap gulita, ketika seluruh seluruh nabi ketakutan,   ketika  ibu  tidak  memperdulikan  anaknya  ,  anak  tidak           memperdulikan ibunya  ,  sanak  saudara tidak kenal satu sama lain lagi , kadang satu           sama  lain  bisa  menjadi  musuh  ,  satu kebaikan lebih berharga dari segala  sesuatu yang  ada  dialam  ini  ,ketika  manusia  berbaris  dengan barisan yang panjang dan masing masing hanya memperdulikan nasib dirinya , dan pada saat itu ada yang   berkeringat   karena   rasa   takut   yang   luar  biasa  hingga menenggelamkan dirinya , dan rupa rupa bentuk manusia bermacam macam tergantung dari   amalannya  ,  ada  yang  melihat  ketika  hidupnya  namun  buta  ketika dibangkitkan, ada yang berbentuk seperti hewan, ada yang berbentuk seperti syetan,    semuanya  menangis..menangis  karena  hari  itu  Allah SWT murka..belum pernah Allah SWT. murka sebelum dan sesudah hari itu.hingga ribuan tahun     manusia didiamkan Allah SWT dipadang mahsyar yang panas membara hingga  Timbanga  Mizan  digelar  itulah  hari  Hisab..  Duhai Annisa bila kita tidak berusaha  untuk  beramal  dihari  ini  ,  entah  dengan  apa nanti kita menjawab bila kita di sidang oleh Yang Maha Perkasa, Yang Maha Besar, Yang Maha Kuat,   Yang Maha Agung .Allah SWT.

Sampai  disini  aku  baca  diarynya  karena kulihat berhenti dan  banyak tetesan airmata yang  jatuh dari pelupuk matanya..Subhanallah ..kubalik lembar berikutnya dan kulihat tulisan : kemudian kulihat tulisan kecil di bawahnya buta , tuli dan bisu..wanita  yang  tidak  pernah melihat lelaki selain muhrimnya , wanita yanhg tidak  pernah  mau  mendengar  perkara  yang  dapat mengundang murka Allah SWT , wanita tidak pernah berbicara ghibah dan segala sesuatu yang mengundang dosa dan sia sia.

Tak   tahan   airmata   ini  pun  jatuh.semoga  Allah  SWT  menerima  Adikku  di sisinya..Amin  Subhanallah ..aku harap cerita ini bisa menjadi iktibar bagi kita semua.

Wassalam...

Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah shalawat dan salam untuk Rasulullah
Saya tidak dapat memaksa orang lain mencintai saya
Saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar