Selasa, 09 Juli 2013

Perjalanan Ke Bromo Savana 12 - 13 Mei 2012 : Part 4 - Entry Bromo National Geo Park

Perut kenyang, akhirnya kita bersiap buat lanjut perjalanan, bersiap menyusuri jalan setapak lagi, sepertinya perjalanan masih agak jauh, dan medan yang akan dilalui juga gak jauh beda sama penanjakan menuju desa Ngadas. Tapi jalurnya membelah desa Ngadas. soalya udah kaga ada jalur lagi. Kita masih menunggu seluruh rombongan terkumpul dan masuk ke dalam kendaraan masing - masing. Setelah semua lengkap, akhirnya rombongan mulai bergerak, beberapa saat kita bergerak melewati desa, kita berhenti sesaat sebelum turun ke Savana Bromo. Kita cuma cek kelompok dan sedikit berfoto - foto. dan ada juga yang naik ke atas willis.

Suasana Desa Ngadas
Savana Bromo

Setelah semua persiapan selesai, akhirnya kita mulai menyusuri jalan setapak memasuki kaldera Bromo. Kondisi jalan gak jauh beda dari rute sebelumnya, basih berbatu, kadang tanah, dan yang pasti masuk ilalang dan semak belukar. Jalan mulai berliku dan menurun, semakin lama semakin curam dan membuat adrenalin kita kembali bergejolak, semakin curam dan berkelok, kita semakin menikmatinya. Driver willis kita bisa dibilang sudah berumur, ya kira - kira udah masuk paruhbaya gitu deh, tapi masih lincah mengendalikan stir yang pastinya gw tebak liar, terlebih lagi medan yang buat gw terbilang berat. Si bapak dengan sigap memadukan rem, gas, dan stir sehingga willis yang gw tumpangi meliuk dan memanuver sedemikian hingga, sampe kita yang ada didalam bersorak sorai. Dan gw gak ngebayangin gimana nasipnya yang diatas, pasti lebih seru deh. Niatnya sih gw pengen ikut naek keatas, tapi tau lah, postur gw yang jumbo, takutnya kalo gw diatas, atap willisnya malah penyok dan ambruk lagi.. hehehehe..

akhirnya sampe juga di Gurun savana atau biasa dibilangnya bukit teletubies. Memang dari jauh terlihat indah dan ngebayanginnya tuh seru kalo bisa maen disitu, sambil ngebayangin seting di serial teletubies gitu. Dan waktu dikasih kesempatan buat turun, eh ternyata, itu rumput tinggi - tinggi bener, dah gitu gatel banget pula. Akhirnya bayanga diseting serial teletubies buyar, tapi tetep dibawa asik aja dah, kita foto - foto aja dah kalo begitu. berbagai pose kita peragakan, tapi yang paling seru tuh pas lagi loncat, wah itu gokil banget.

gak lama akhirnya kita lanjut jalan lagi, dan lo tau, itu kaki gw gatel - gatel, tapi untungnya gw selalu bawa minyak kayu putih, jadi gak masalah soal gatel. hehehe.. Dan ternyata sandal gw juga udah mulai banyak debunya, jadinya keseng deh tuh kaki gw. hehehehe.. perjalanan berlanjutmasih melewati hamparan rumput dan ilalang. Dan disini para pengemudi Willis mulai "Gatel" buat nunjukin keahliannya, jadi udah mulai pada kaga baris, tapi udah kaya balapan off road gitu, dari kanan kiri gw udah mulai saling susul, dan sibapak juga agak gak mau kalah, tapi ya tetep aja sih kalah.. hahahaha..

Tanpa terasa jalur yang tadinya dipenuhi oleh sahara, tau - tau berubah menjadi lautan pasir, gw jadi kersemia dan takjub sama kaldera bromo ini. Walaupun jalur udah berpasir, tapi tetep aja masih bergelombang, malah kadang masih ada jalur lahar dingin di hamparan pasir ini, jadi kita harus lebih ektra hati - hati, kalo salah masuk, bisa - bisa ban mobil terjerembab masuk ke pasir yang masih basah. Alhamdulillah si Bapak udah hatam sama jalur ini, jadi kita berkelo - kelok, naik turun dan masih bermanuver menghindari pasir - pasir yang masih basah. Disini kita gak berhenti untuk istirahat atau sekedar berfoto, soalnya tujuan kita ke kawah Bromo, dan ternyata medannya masih sama, berpasir juga.

Kita berbelaok kekiri menyusuri patok - patok yang ada disana, gw gak tau maksudnya buat apa, tapi gw menduga itu areal lingkungan Pur, menurut gw itu buat persiapan kegiatan acara disana.Tapi sepanjang jalan emang enak banget suasananya, walaupun panas terik, tapi entah kenapa berasa adem, atau emang udah agak sore ya, tapi lumayan deh, jadinya enak buat tracking ke kawah. Gak lama, akhirnya rombongan willis berhenti, dan kita pada turun, dan menginjakkan kaki deh di pasir berbisik Bromo. Seneng banget rasanya, ada sensasi puas yang gw rasain, apalagi ngeliat lapangan pasir yang luas dah gitu beckgroundnya gunung ditambah banyak kuda, wah ini tuh bener - bener pengalaman yang menarik banget. Yang gw rasain tuh girang banget dah, dah gitu rombongan kan banyak, jadi makin rame makin seru

Sesaat kita berfoto sebentar, bernarsis ria dan akhirnya mulai bergerak menuju penanjakan, nah disini tuh ada yang gw lupa, tapi bukan lupa sih, gw kaga tau lebih tepatnya. Gw kaga bawa masker dan disitu debunya luar biasa, agak nyesek juga sih, secara gw kan alergi debu.. hehehehe.. sepanjang jalan banyak bapak - bapak yang menawarkan jasa transportasi ke muka anak tangga, bapak - bapak itu nyewain kudanya, tapi sayang mahal (Buat ukuran gw mahal, 50rb cuma sampe sono dan sekali jalan doang.. hehehe..) akhirnya gw jalan deh, pelan - pelan. Rombongan gw tuh sama uthi dan Fani (Fani tuh cowo loh), kita jalan pelan - pelan, sesekali berfoto narsis, tapi tetep foto gw kaga ada.. hehehehe.. Nah si Fani enak dia bawa masker, jadi gak begitu masalah. Oh iya medan penanjakan semua berpasir dan pasirnya itu dah campur sama kotoran kuda, so aromanya dah campur - campur gitu deh.. hehehehe.. Oh iya kelupaan, kita sempet lewatin areal Pure yang disitu, sayang Purenya kosong, gak dibuka, tadinya pengen foto - foto disitu, tapi tutup, ya dah numpang lewat aja deh kalo begitu.

Uti in Action
Narsis Mode

Kita ternyata juga kaga bawa air minum, akhirnya beli deh, disitu juga ada yang jual air mineral dan pop mie dan juga ada toilet umum, tapi gw gak make fasilitas itu. Akhirnya gw beli air deh warung dadakan situ. OMG mahal bener, air mineral 600ml dijual Rp. 5.000. yaudah lah gak apa, dari pada gw kaga minum. Alhamdulillah kita di willis masih sempet ngemil, donat yang di beli Uti masih ada, jadi di bagi - bagi di willis. Alhamdulillah ada suplai tenaga tambahan. hehehe..

Kita jalan lumayan lama, soalnya emang agak jauh juga, itu lewat celah - celah kaya tebing. tapi gw nebaknya itu bekas aliran lahar dingin, bisa diliat dari jalurnya dan kontur tanahnya yang masih agak basah. beberapa jalur kita harus manjat - manjat, naik turun, sampe akhirnya kita tiba di pendakian anak tangga menuju kawah. Tapi sebelum naek, gw istirahat dulu deh, ngasoh cuy, cape juga, plus engap sama debunya. Setelah selesai, baru mulai nanjak deh dan perjuangan belum berakhir.. hahahaha..