Senin, 06 Mei 2013

Perjalanan Ke Bromo Savana 12 - 13 Mei 2012 : Part 2 - The Journey


Stasiun Malang

Kendala masih ada, kita belum punya tiket ke Malang. Pengen gaya - gayaan naek pesawat, tapi tiketnya mahal banget, bisa - bisa over budget. Dan yang paling parah bisa kena After Holiday Syndrome. Itu tuh, sindrome pasca liburan, kaga punya duit lagi.. hehehehehe..

Ok pesawat udah jelas nggak mungkin, opsi selanjutnya jalur darat dan jalur laut. Laut? mau kemana emangnya? lagian bisa lama juga kalo lewat jalur laut.. hehehehe.. Jalur darat aja kali ya, yang paling memungkinkan. Opsinya Bus atau Kereta Api. Tiket Bus sekian ratus ribu. Agak murah sih, tapi nanti kudu nyiapin lagi makan siang, makan malem, makan pagi (padahal kalo naek kereta juga sama, kudu nyiapin budget makan.. hehehehehe..) belom lagi biaya jajan sama toilet. Gw kasih rincian itu berdasarkan pengalaman mudik beberapa taun yang lalu.

Kalo pake bus udah kebayang apa aja pengeluarannya. trus coba cari - cari info kalo naek kereta. Nah kebetulan kalo ke Malang ada 3 jenis kereta, ekonomi, bisnis, dan eksekutif. udah pada taukan bedanya apa? kalo belom tau, ini gw kasih tau

Kereta Api ke Malang dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. Ekonomi
  2. Bisnis
  3. Eksekutif
Kereta Api Ekonomi
Kereta jenis ini hampir sama kaya kereta KRL JABODETABEK, tapi bedanya duduknya gak menyamping kaya diangkot, tapi duduknya saling berhadapan. dan ada dua sisi, kanan dan kiri. tiap sisi jumlah kursinya beda - beda. sis satu isinya untuk 3 penumpang dan sisi yang lain isinya untuk 2 penumpang. Sama kaya KRL juga, di dalem gerbongnya tuh banyak banget pedagang, pengamen, pengemis, tukang palak, sampe ada tukang semprot pengharum ruangan.. Gw mikir, ampe segitunya ya nyari rejeki, sampe nyemprotin pengharum ruangan. Ya kalo diitung - itung sih pasti untung besar dah tuh orang. Any way bus way enaknya di kereta ekonomi tuh banyak banget pedagang, apalagi kalo tiap masuk beberapa kota, pasti dagangannya beda - beda, jadi kalo pengen beli oleh - oleh kaga mesti ke pusat oleh - oleh, tinggal tungguin aja tuh pedagang yg jual oleh - oleh. Oh iya gw lupa. di kereta jenis ini juga termasuk kereta gaya bebas. Maksudnya duduk dan tidurnya bebas, tinggal pilih sesuka anda. Bisa tidur sambil duduk, selonjoran , tidur di kolong kursi, atau gelar lapak di pintu keluar gerbong dan tentunya ada AC juga, AC alam atau Angin Cepoy - Cepoy.. hehehehehe..


Kereta Api Bisnis
Sebenernya gw belom pernah naek kereta api jenis ini, tapi yang ada dipikiraan gw tuh ini kereta perpaduan jenis ekonomi dan eksekutif. Kaga pake AC, tapi udah ada kipas angin dan yang paling penting, ada colokan (kata orang - orang sih.. hehehehe)

Gerbong KA Bisnis
Kereta Api Eksekutif
Nah kalo ini gw udah pernah naek, waktu itu gw naek Argo Parahyangan. Kursinya kaya bus, 1 orang 1 seat dan sandaran, gk kaya kelas ekonomi atau bisnis. Trus di gerbong ini ada AC, korden, bantal, dan tentunya ada kontak listrik, jadi gak perlu khawatir kalo batre gadget kita abis, tinggal colok aja.

Akhirnya gw putusin buat naek Matarmaja, kereta ekonomi berharga 51rb sekali berangkat. Nah ada masalah lagi nih, kan kalo kereta ekonomi kaga bisa beli online ataupun di mini market. Jadi kudu beli di stasiun, itu juga belom bisa jauh - jauh hari, bisanya 1 minggu dari keberangkatan. Haduh rempong neh, pikir gw. Tau - tau dapet kabar kalo si TS mau ngantriin, ya bisa dibilang jadi calo gt deh, nah dia minta fee 10rb/tiket. Ya dah lah titip dia aja, dari pada gw ribet ngantri di St. Pasar Senen. Dan tiketpun udah ditangan.

Menjelang hari keberangkatan, gw ceklist lagi apa aja yang kurang. Dan ternyata yang kurang cemilan.. hehehehehe.. Ya dah meluncur ke mini market terdekat, beli ransum, dan jelas yang gak bisa ketinggalan, tisu, air mineral, sama sabun batangan. 

Rombongan Peserta


Hari keberangkatanpun tiba, tapi tetetp gw masuk kantor dulu, nanti ijin pulang cepet aja dari pada ijin potong cuti, sayang jatah cuti.. hehehehehehe.. Gw kekantor bawa tas segede Gaban, gpp dah yang penting gw berangkat dah. Udah gak sabar juga sih, tapi ya dinikmatin dulu aja deh kerjaan dikantor, untungnya gak begitu banyak kerjaan dikantor. Pas tengah hari, gw coba kontak si Uti, dia mau ketemuan dimana? Ya udah gw janjian aja didepan kantor Indosat. Abis jumatan gw langsung meluncur, dari Indosat ke stasiun kita naek taxi, dari pada ribet. Sampe sana ternyata udah agak rame, ya udah kita registrasi dulu sekalian ambil tiket sama kaon, kaosnya bagus suka gw. Si Uti rupanya belum makan, ya udah dia beli donat dan sekalian buat bekel dijalan.. hehehehehe..


Si Uti Lagi Nunggu Kereta


Gak lama, akhirnya kita masuk ke stasiun, dan ternyata ada pemeriksaan, gw kira bakal ada masalah, dan team panitia meluruskan masalah dan kita bisa masuk deh. menunggu keberangkatan kereta, masih lumayan lama neh, jam masih menunjukkan pukul 13.40. tapi bener - bener berasa lama banget. Ya udah ngobrol - ngobrol aja, SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) aja deh. Karena kita naek kereta kelas ekonomi, jadi ya alakadarnya gitu deh, banggu tersusun untuk 4 orang penumpang dengan saling berhadapan. Penumpang depan gw ternyata masih satu rombongan dan dia namanya Dedi, anak kuliahan di salah satu kampus di jakarta. Entah emang dia pendiem atau emang kita agak canggug ya? Tapi gw rasa dia canggung deh (tetep, keep positive tinking guys).

Akhirnya penantian datang juga, kereta akhirnya berangkat dari stasiun senen. Gak lama kereta berangkat, Uti udah mulai makan donatnya, dan gw cuma ngobrol sama Dedi, dan lagi - lagi dia jawab cuma seperlunya aja. Btw kalo diliat dari penampilannya, si Dedi tuh emang udah prepare bgt, atau bisa dibilang dia anak pencinta alam, gw tau dari mana, dari sepatunya.. hahahah.. kalo gak salah kita sudah masuk ke kota Cirebon, akhirnya kereta berhenti cukup lama, ya udah gw turun deh, buat beli bekel makan malam, karena emang gw udah siap dengan harga tembak, ya udah gpp, yang penting bisa makan malem, secara gw kurang percaya sama pedagang nasi yang keliling di kereta. Dan selama di kereta kegiatan kita hanya ngobrol, makan, tidur. Hehehe..

Fanni dan Uti
Cie.. Cie.. Gebetan Baru Nih


tak terasa, malam telah larut, dan gw ketiduran, maklum dari kantor langsung berangkat, gak jelas saat itu lagi ada di kota mana, yang jelas berenti agak lama, disalah satu pintu kereta terdengar sayup - sayup orang ngobrol, tapi masih jelas kedengeran, secara hampir 1 gerbong penumpangnya udah banyak yang tidur. Gw coba kesana, eh ternyata si Dedi dan beberapa rekan rombongan lagi ngobrol sambil usil sama salah satu anak (gw menduga kalo anak itu salah satu pedagang di kereta) nah kebetulan juga dia mabok, ya udah dikerjain deh, tapi cuma di godain lewat obrolan doang sih, jadinya tuh mirip banget kaya lagi nonton ludruk atau ketoprak humor. Dan akhirnya kereta yang ditunggu sudah lewat, sekarang giliran kereta gw yang berangkat, yah maklum aja, namanya juga kereta ekonomi jadi ya nunggu kereta kelas bisnis dan eksekutif buat lewat.

Akhirnya gw pules tertidur, mungkin karena emang udah cape banget, gk perduli kondisi kaya gimana, yang penting bisa tidur. Akhirnya tiba jugs stasiun Malang, kita semua turun, dan ternyata semua peserta tersebar hampir diseluruh gerbong rangkaian kereta Matarmaja yang gw tumpangi, tanpa komando, beberapa orang udah langsung berkumpul dengan rombongannya dan bersih - bersih, walau hanya sekedar cuci muka sama gosok gigi doang. Gw sama Uti juga sama, kita gantian buat bersih - bersih. Biasanya kalo lagi travelling kaya gitu, prinsip gw sih "walau gak mandi yang penting wangi" hehehehehe.. iya, dihari itu gw mandi cuma 1x, itu juga udah malem pas sampe home stay. Di stasiun gak boleh lama - lama, jadi kita semua digiring menuju keberangkatan Jeep. Kita ke desa Ngadas & Bromo pake jeep yang udah di carter. Rombongan jeep sudah parkir di seberang stasiun, jadi kita semua jalan kesana, dan pada nyari nomor jeepnya, karena dari awal emang udah pada dibagi - bagi jeepmya, kebetulan gw sama Uti kebagian jeep no 9 oh iya, satu jeep isinya cuma 6 orang penumpang dan 1 driver.


 EoF

Baca Juga :
Bromo Part 1
Bromo Part 3
Bromo Part 4 

3 komentar:

  1. No photo = hoax
    Hahaha..

    Seru bak,, jd mengenang masa2 dbromo.. Dtunggu part3'y..

    Kpn nie ngtrip lg n seseruan lg.. :D

    BalasHapus
  2. Wuah parah,, foto gw udh kyk anak memelas n anak ilang nie.. gak bgs bgt fotonya. wakakak..

    ubakkk,, ngegosip nie.. :p
    Kn kesempatan dalam kesempitan cr gebetan. hahahahha...

    BalasHapus
  3. hahahaha.. nantikan foto - foto usaha uti mencari gebetan.. wkwkwkwkw

    BalasHapus