Jumat, 10 Mei 2013

Perjalanan Ke Bromo Savana 12 - 13 Mei 2012 : Part 3 - Goes To Ngadas Village

Perut agak berasa laper, tapi kayanya agak males buat makan yang berat ( kaya batu, kayu, besi.. hehehehe.. kidding), maksudnya makan nasi atau lontong sayur gitu, soalnya belom "setoran pagi" juga, daripada perut kaga karuan rasanya, mending jaga makanan dulu deh. Tapi sebenernya diijinin kok sama panitia buat sarapan dulu. Di depan stasiun banyak warung makanan, kaya nasi uduk, lontong sayur, ketoprak, baso, dll. Sambil nunggu peserta yang sarapan, mending kita beberes barang - barang bawaan kita, semua di packing di Jeep kita, sambil berkenalan. Tadinya gw kira peserta hanya dari jabodetabek atau sekitar pulau jawa aja, ternyata ada yang dari luar pulau jawa juga, kaya Palembang, Makassar, dll. makin seru aja deh. Oh iya, kira - kira jumlah peserta sekitar 120 orang

Akhirnya rombongan jeep mulai meluncur 1 per 1, kita beriringan menyusuri Malang menuju kawasan Desa Ngadas. Tadinya tuh gw kira desanya gak terlalu jauh, ternyata itu ada dikawasan gunung bromo. Jeep kita mlaju menyusuri kota Malang, hingga akhirnya tinggal melewati 1 jalur lurus yang memang langsung menuju pegunungan. Saat itu udara disana cukup cerah dan berasa sejuk, gw rasa Malang termasuk wilayah puncak, kalo di JABODETABEK tuh kaya Cisarua gitu. Disekitar kiri kanan jalan berjejer rumah menduduk, dan beberapa kali terlihat gapura, gw rasa itu biasa aja.

Baris Nunggu Gilirian DownHill
Jeep terus meluncur, karena jalanan beraspal halus, jadi kami sempet tertidur, dan baru terbangun ketika jalanan sudah mulai agak bergelombang. Ya itu sudah mulai memasuki kawasan pegunungan. Dari sini mulai berasa off road, walaupun medannya bukan dari tanah merah yang becek, tapi cukup ekstrem kalo mobil minibus ata sedan yang lewat. Selain menanjak dan berkelok, kiri kanan jalan merupakan perpaduan antara tebing dan jurang, selain itu lantai jalan sudah mulai berbatu dan debu, jadi bagi pengemudi yang kurang handal dan tidak fokus, bisa jadi fatal kalo lewat sini. Selain itu juga dibutuhkan kondisi kendaraan yang prima, ya karena itu tadi, medannya yang lumayan berat. Tapi buat yang berjiwa petualang, boleh coba kesini kok, dijamin seru. Hampir 2 jam lebih kita di dalam jeep, dan masih melaju, tapi tidak kunjung bosen, ya walaupun badan udah mulai pada sakit, karena jalan dan suspensi dari jeep sendiri, maklum lah.. hehehehe.. Tapi gw rasa itu semua kebayar sama pemandangannya, sumpah indah bangte, bisa liat kebon yang ada di lereng, bisa dibilang kemiringannya sekitar 45 derajat. Terfikir sama gw, itu gimana nanem sama manennya ya? hehehehe..
Perjalanan Menuju Desa Ngadas
tanpa terasa akhirnya kita sampe di perkampungan. Namanya desa Ngadas, kira - kira  berjarak 48 Km dari Kab Malang. Nah disini rencananya kita mau baksos dan numpang makan siang. Alhamdulillah bisa ngerasain masakan warga Ngadas yang sejatinya suku Tengger. Kalo gw liat, topo grafi desa ini agak lucu, jalan utama hanya 2, dan itu 1 arah, ada yang khusus untuk nanjak dan khusus untuk turun, jalur itu terpisah mungkin sejauh 1 Km, itu bukan panjang jalur, tapi jarak pemisah antara jalur nanjak dan jalur turun. Tapi pada akhirnya ya bertemu di jalur yang sama, jalur terpisah pas masuk desa aja sih.











Begitu jeep berhenti, sekitar pukul 12.00, dan kita ngpos di rumah kepala desa Ngadas, sambil nunggu rombongan yang lain, gw berinisiatif nyari musholah, soalnya gw sempet denger azan dzuhur. ya udah coba muter - muter, gak lama akhirnya dapet, ya iya soalnya desa ini terbilang kecil. Air disini sangat amat duingin, padahal lagi teriknya, ya bayangin aja, jam 12 siang cuy. dan Astagfirullah, gw kaga bawa sarung, akhirnya gw coba memberanikan diri minjem sarung sama salah satu warga, dan lo tau, itu bapak langsung pulang kerumahnya buat ngambil sarung, luar biasa, terkesan amat baik dan ramah penduduk desa ini. Kebetulan gw sholat bareng rombongan mahasiswa disalah satu universitas di jawa tengah, ternyata mereka tuh lagi ngerjain penulisan ilmiahnya. Ya udah gw ikut nimbrung aja disitu, ikut dengerin, dan akhirnya gw tau, kalo disitu dulunya belum masuk islam, tapi sebelumnya budha dan hindu, Islam baru masuk ketika dibawa oleh salah seorang wali (Sayang gw lupa siapa namanya, tapi makamnya ada disitu kok), sedikit sejarah Desa Ngadas 

"Awal mula keberadaan desa Ngadas sendiri dimulai tahun 1774. Ketika itu, terdapat seorang seorang tokoh bernama Mbah Sedhek beserta 7 pengikutnya yang membuka Desa Ngadas. Orang-orang Tengger yang mendiami Ngadas sekarang pun merupakan keturunan Mbah Sedhek beserta 7 pengikutnya. Tokoh lain yang turut berperan dalam membangun Desa Ngadas adalah Mbah Kadar,seorang romusha yang dibawa pemerintah kolonial Jepang pada masa Perang Dunia II."


















 setelah selesai sholat, ternyata gw ketinggalan rombongan yang mau baksos disalah satu sekolah di Desa itu. sejauh mata memandang sih gw cuma liat 1 sekolah aja, itu juga SD, ya udah kita emang udah nyiapin keprluan baksos, akay baju, buku pelajaran, alat tulis, dll. dan diterima oleh kepala sekolah dan perwakilan sekolah lainnya, dan saat itu kebetulan masih ada siswa. Jadi baksos diikuti sama siswanya juga. dan abis itu kita maen bareng deh, walaupun matahari begitu terik, tapi kecerian diantara peserta dan siswa tidak luntur, ya memang sebelumnya kami semua malu - malu, begitu juga para siswa. Tapi akhirnya gw danpeserta lainnya coba ngajak maen dan cairlah suasana, semua Fun.


















 
Setelah bermain, kita semua kembali ke rumah Pak Kades buat nyantap siang, Beuh semuanya pada bringas makannya, gak cowo gak cewe, bringas abis deh, walauapun lauknya sederhana, tapi kalo udah rame - rame udah kaga dipikirin dah, semua makan dengan lahap dan tetep ceria.

Ngantri Makan Siang

KEPO cara pake Filter CPL

Prepare to Bromo Caldera
Setelah kenyang, kita berjalan sedikit ke jeep yang telah terparkir rapi, ya walau gw bilang berjalan sedikit, tapi sbenernya usahanya luar biasa, soanya itu tanjakan cuuuy.. sambil nunggu rombongan ya biasa, kita foto - foto dulu deh, si Fanny yang make filter CPL, jadi gw liatin deh dia make tuh filter, ternyata lucu juga makenya, diputer - puter kaga jelas. Mungkin nyocokin gradien landscapenya kali ya, ya whatever lah, gak alam jeep mulai bergerak lagi deh, dan gak lama perjalanan, jeep udah stand by buat turun, karena selepas desa Ngadas, langsung mengarah turun ke kaldera Bromo..




Continue (Downhill to bromo)

EoF

Baca Juga
Bromo Part 1
Bromo Part 2
Bromo Part 4

2 komentar:

  1. Wkwkwkwk..

    Foto yg terakhr bgs tuh bak.. Ada foto penampakan bulet.. Heheheh.. *piss :p

    BalasHapus